PopAds

Wednesday, February 25, 2015

Nge-BLOG di dunia internet

Pertama kali Ngeblog itu, rasanya sangat bingung mau menuliskan apa. Sebenarnya ada banyak hal yang ingin dituangkan dalam bentuk tulisan, tapi permasalahannya adalah kesulitan untuk memulainya dari mana? :). Mungkin hal ini disebabkan karena saya jarang bahkan tidak pernah menulis hal yang seperti ini, seringnya itu cuma menulis atau mencatat saat belajar di kelas saja :D. Selain itu, kadang saya juga merasa malu jika tulisan saya dibaca oleh orang lain :D. Akhirnya sekarang, saya mencoba memberanikan diri untuk menulis apa pun untuk dibagikan kepada siapa pun di luar sana. ciehh.. yg mau coba-coba :)


Bismillah, baiklah.. saya akan bercerita sedikit tentang Blog dan dunia internet diketahui. Bagi sebagian orang, pasti muncul pertanyaan apa sih blog itu? Pertama kali saya tahu istilah atau BLOG itu, pada saat saya masih duduk di bangku SMP. Tapi pada saat itu, saya cuma sekadar tahu saja bahwa blog itu adalah tempat membaca berita dan artikel menarik yang termuat di internet. Dan pada saat SMA pun, saya tidak tertarik untuk tahu tentang apa dan bagaimana blog itu sebenarnya. Hingga pada saat menginjak bangku perkuliahan, kami disibukkan dengan berbagai kegiatan dan tugas-tugas dari dosen yang memaksa kami untuk selalu bergantung dengan fasilitas yang super instan yaitu internet.

Sebagian orang mengatakan bahwa semua hal di dunia ini bisa kita temukan di internet. Apakah iya? Benarkah seperti itu adanya? Saya pikir hal itu mungkin saja karena jika kita masuk di browser komputer kita dan menuju ke laman (mesin pencari) google, kita bisa temukan apapun informasi yang dibutuhkan dengan mengetik keyword yang tepat. Bahkan orang tua yang tidak mengenal internet pun sangat kagum dengan adanya fasilitas ini. Saat itu, saya berpikir sejenak dan sempat terlintas dalam pikiran saya bahwa dari mana google ini menyediakan informasi sebanyak itu? Apabila ini dikelola oleh satu orang atau satu kelompok saja, pasti mereka akan kewalahan dengan itu. Ternyata setelah ditelusuri, cieehh (detektif kali yoo) :). Google yang merupakan (mesin pencari) yang paling terkenal di dunia ini telah menjalin kerja sama dengan banyak bahkan semua website di dunia sehingga informasi yang kita perlukan langsung terhubung ke website tertentu jika meng-klik di pilihan tersebut.

Tentu banyak website dan blog yang bekerja sama dan memanfaatkan kepopuleran mesin pencari ini. Hingga saya kemudian bertanya lagi, apa sih untungnya mereka menyediakan layanan seperti itu? Apakah tidak buang-buang waktu dan tenaga saja? Memang sebagian orang pasti berpikir bahwa mereka semata-mata cuma ingin berbagi (share) pengetahuan saja, tapi apa input yang bisa didapatkan dari itu? Saya pikir bahwa masih banyak hal-hal yang lebih berguna lainnya yang bisa dilakukan selain itu. Mending jadi tukang sayur, walaupun pekerjaannya berat toh.. mereka bisa dapat upah atau uang dari apa yang mereka usahakan.

Seiring berjalannya waktu dan singkat cerita, saya mulai sadar dan mulai mengetahui bahwa ternyata apa yang saya pikirkan kepada mereka itu salah. Saya pernah sekali bertanya hal itu pada satu teman saya yang rajin menulis di blog. Ia mengatakan bahwa "saya menulis di blog bukan hanya karena hobi dan untuk share semata, tapi juga untuk dapat uang bro". Saat itu, saya merenung seakan-akan tidak percaya dengan apa yang ia katakan. Kemudian, saya bertanya lagi "bagaimana caranya tulisan itu jadi uang?" (saya  bertanya-tanya sambil terheran-heran). Akhirnya, ia menjelaskan panjang lebar tentang perjalanan nge-blognya selama ini (hingga ceritanya itu melewati gunung hingga di lembah sesuai soundtrack ninja hatori) hehehe.

Dari cerita itu, saya cuma bisa menarik kesimpulan (maklum kapasitas daya tangkap saya cuma sedikit, :D) bahwa "sebenarnya ia juga bekerja sama dengan google dengan menggunakan fasititas Google AdSense". Mungkin teman-teman bisa mencari penjelasan selengkapnya di mesin pencari google, karena terus terang saya juga belum begitu paham tentang itu :D. Menurutnya, fasilitas dari google ini memungkinkan kita bisa mendapatkan bayaran dari pihak google terhadap artikel yang kita buat. Ia menambahkan "semakin sering blog atau website kita dibaca/dikunjungi, maka akan semakin tinggi pula bayaran yang bisa kita dapat dari pihak google". Dari penjelasan itu, akhirnya saya pun mengerti mengapa banyak orang yang menyediakan dan membuat banyak artikel tentang apa saja di dunia ini. Dengan harapan bahwa selain memberikan informasi kepada pembaca, itu juga bisa jadi ladang uang bagi untuk sang pembuat artikel. (oohhh.. begituu toohh) :)

Saya kira cuma itu celotehan pertama saya, Semoga bermanfaat dan salam sukses! :) :D




No comments:

Post a Comment