PopAds

Friday, April 3, 2015

Perhatikan Hal ini Sebelum Menginstal Ulang Komputer

Komputer ataupun Laptop merupakan benda yang sangat berperan penting dalam kehidupan kita sekarang ini. Kelebihan dan kecangihan yang terdapat di dalamnya dapat membantu dan mempermudah pekerjaan semua kalangan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, orang bijak berkata “jalan tak selalu berjalan dengan mulus” ciyahhh J. Apapun di dunia ini pasti akan mengalami masalah begitupun dengan benda secanggih ini.

Kadang kita mempunyai masalah dengan Komputer atau Laptop diantaranya, masalah virus, lambat loading, not responding, dan masih banyak lagi. Nah, dalam keadaan seperti ini biasanya kita berpikir untuk mereset atau menginstal ulang Komputer kita.

Bagi sebagian orang, menginstall ulang Komputer memanglah tidak sulit, karena kita cuma mengikuti perintah apa yang muncul dalam prosesnya. Tapi, faktanya adalah kebanyakan orang tidak tahu dan tidak mau tahu soal ini dengan alasan malas mengerjakannya bahkan takut jika terjadi sesuatu yang buruk pada komputernya jika mengerjakannya sendiri. Yah, tidak heranlah jika orang menyebut zaman ini dengan sebutan “zaman instan”.

Padahal jika kita mau tahu dan ingin mencobanya, akan banyak hal-hal baru yang kita ketahui dan tentunya orang lain tidak mengetahuinya. Tapi ada satu hal yang penting jika ingin tahu dan mau mencoba yaitu “harus teliti dan hati-hati dalam melakukannya”. Ada baiknya cari terlebih dahulu pengetahuan dan referensi yang banyak terkait itu, kemudian lakukanlah dengan langkah-langkah yang benar sesuai dengan yang kita pahami.

Hal ini perlu untuk terhindar dari berbagai hal yang tak diinginkan yang kemungkinan akan terjadi di Komputer kita seperti kehilangan data penting dan lain-lain. Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meng-instal ulang Komputer kita:

Pastikan data penting di drive (C) anda dalam keadaan AMAN.
Biasanya tanpa kita sadari, kita sering menyimpan data-data penting di drive (C), seperti yang ada pada DOWNLOADS (file/data yang telah didownload dari internet), DOCUMENTS (file/data yang telah kita buat di Microsoft Office (word, excel, ppt, dll) biasanya data-data tersebut secara otomatis tersimpan di folder ini jika tidak menggunakan fitur save as pada Microsoft Office. Begitupun pada folder MUSIC, PICTURES, and VIDEOS, kelima dari folder itu berasal dari drive (C).


Pindahkan data-data tersebut dari drive (C) ke drive lain (D) atau (E).
Cara gampang untuk menemukan semua data-data yang terdapat di drive (C) yaitu klik drive (C) > Users > (nama computer anda) > (pilih folder yang ingin dipindahkan) > Klik kanan (copy/cut)



Setelah itu, masuk ke drive (D) atau (E). Buatkan folder dan beri nama sesuai dengan keinginan. Kemudian (paste) di folder itu.

Siapkan Aplikasi-Aplikasi yang diperlukan.
Perlu diketahui bahwa setelah instalasi windows selesai, semua program ataupun aplikasi yang pernah terinstal di Komputer kita akan hilang atau terhapus. Jadi, lebih baik LIST terlebih dahulu aplikasi PENTING yang pernah anda install di Komputer anda, lalu cari MASTER aplikasinya.

Siapkan Master atau CD driver
Master atau CD driver merupakan hal yang wajib diperadakan sebelum memutuskan mengistal ulang Komputer anda. Hal ini menjadi penting karena Komputer tidak bisa berjalan dengan normal/maksimal apabila tidak dilengkapi dengan hal ini. Biasanya master driver yang penting seperti VGA, Wireless, Audio, Bluetooth, dan Camera. Jika Komputer anda membutuhkan lebih dari itu, silahkan install saja semua.

Peralatan Install Ulang
Alat install maksudnya adalah data-data windows itu sendiri. Biasanya terdapat dalam bentuk CD/DVD dan bisa juga dengan menggunakan flashdisk. Data windows biasanya dalam bentuk iso file jika didownload di internet. Data-data windows tersebut bisa kita burning di CD/DVD dan bisa juga menggunakan flashdisk yang sudah bootable (fat32).

Jika semua hal-hal di atas sudah terpenuhi, maka anda sudah bisa memulai untuk menginstal ulang computer anda. Tapi, perlu diingat bahwa anda harus teliti dan berhati-hati dalam hal ini karena sebenarnya di artikel ini saya lebih menekankan pada keselamatan data-data penting anda sebelum anda memutuskan untuk mengistal ulang.


Semoga bermanfaat, dan Salam Sukses

No comments:

Post a Comment