PopAds

Sunday, April 5, 2015

USB FLASHDISK SEBAGAI ALAT INSTALL ULANG WINDOWS

Kita tahu bahwa fungsi utama dari USB Flashdik adalah sebagai alat untuk mentransfer data/file dari satu Komputer ke Komputer yang lainnya. Alat kecil ini dapat menampung berbagai bentuk data mulai dari yang memiliki kapasitas yang rendah maupun yang berkapasitas tinggi dan tersedia dalam berbagai macam kapasitas penampungan. Flashdisk yang biasa kita jumpai sekarang memiliki kapasitas penampungan sebesar 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, dan 32 GB.

Kadang ada beberapa orang komplain, biasanya ia membeli flashdisk dengan dengan kapasitas berlabel misalkan 4 GB, tapi pada saat cek kapasitas ternyata hanya 3 GB lebih. Yah, mungkin beberapa orang sampai sekarang mempertanyakan itu. Tapi itulah adanya, mungkin label yang menyatakan kapasitasnya itu hanya menggenapkan saja. Bukan hanya Flashdisk yang mengalami atau kasus kejadian yang sama, bisa dikatakan memang semua alat penyimpanan data seperti Hardisk maupun Memory juga seperti itu.

Seiring dengan perkembangan zaman, ternyata USB Flashdisk bisa juga digunakan sebagai alat instalasi Komputer. Proses instalasi Windows biasa kita jumpai adalah dengan menggunakan Master CD/DVD Windows yang tentunya  Komputer yang diinstal juga harus dilengkapi dengan CD/DVD room. Jika salah satu komponen ini tidak diperadakan maka proses instalasi tidak akan bisa berjalan semestinya. Tetapi dengan adanya alat mungil ini, fungsi dari CD/DVD master Windows dan CD/DVD room bisa tergantikan. Cukup instan bukan?

Menginstall Windows melalui USB Flashdisk ini ternyata memiliki banyak keunggulan dibanding melalui CD/DVD disk. Selain prosesnya yang cukup mudah, kita tidak perlu khawatir akan CD/DVD yang tidak terbaca oleh CD/DVD room karena CD/DVD yang tergores dan lain sebagainya. Kadang hal seperti ini menyulitkan dalam proses penginstallan Windows dengan menggunakan CD/DVD, sedangkan jika menggunakan Flashdisk, hal yang demikian tidak perlu terjadi lagi.

Agar bisa menjadikan Flashdisk sebagai alat install ulang, ada beberapa langkah yang harus ditempuh. Karena tidak serta merta Flashdisk bisa digunakan begitu saja untuk proses instalasi. Sebelum memindahkan data/file Windows di Flashdisk untuk install ulang, terlebih dahulu harus kita ubah format Flashdisk tersebut menjadi fat32 (bootable). Jika tidak demikian, proses booting untuk membaca Flashdisk tidak bisa berjalan.

Ada beberapa langkah-langkah MANUAL untuk menjadikan Flashdisk agar bisa digunakan dalam proses instalasi Windows:
  1. Siapkan satu Flashdisk yang memiliki kondisi yang baik (bisa terbaca  dan tidak rusak) dengan kapasitas 4 GB atau lebih, karena jika ingin menginstal misalkan Windows 7 setidaknya butuh ruang 2 atau 3 GB. Intinya kapasitas Flashdisk harus lebih besar daripada kapasitas data/file Windows.
  2. Siapkan data/file Windows yang akan dimasukkan dalam Flashdisk nantinya. Biasanya jika data/file itu didownload melalui internet maka semuanya dalam bentuk format iso files. Ekstrak semuanya dan simpan dalam satu folder.
  3. Colokkan USB Flaskdisk anda ke komputer.
  4. Tekan Tombol WIN+R, ketik cmd dan klik OK.
  5. Ketik diskpart dan tekan ENTER.
  6. Ketik list disk, tekan ENTER dan pilihlah yang mana adalah USB flashdisk anda, hati-hati jangan salah pilih nanti salah-salah yang terformat adalah disk yang lain. Jika anda punya hanya satu hardisk makan USB flaskdisknya adalah disk 1.
  7. Ketik select disk 1 dan tekan ENTER.
  8. Ketik clean dan tekan ENTER.
  9. Ketik create partition primary lalu tekan ENTER.
  10. Ketik select partition 1 dan tekan ENTER
  11. Ketik active dan tekan ENTER.
  12. Ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER, tunggu sampai selesai (100%)
  13. Ketik assign dan tekan ENTER
  14. Ketik exit dan tekan ENTER.
  15. Copy lah semua isi  data/file Windows yang telah diekstrak pada point (2) ke USB Flaskdisk anda.
  16. Selesai, Flashdisk anda sudah bisa digunakan untuk proses instalasi Windows.
Ingat, perhatikan dengan baik point (6) jangan sampai anda salah format. Yang diformat itu adalah Flashdisknya, bukan Hardisk. Anda bisa kehilangan semua data anda jika proses ini keliru. Kapasitas hardisk dan Flashdisk bisa dilihat untuk membedakan keduanya.

Jika anda sudah yakin dengan niat sudah bulat untuk menginstal ulang computer anda, silahkan Booting komputer anda melalui USB Flashdisk, setting melalui bios komputer anda, pastikan boot nya melalui USB Flashdisk, apabila langkah2nya betul, maka proses instalasi Windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk. Tapi sebelum anda memutuskan untuk menginstal ulang Komputer anda, ada baiknya anda membaca artikel saya sebelumnya tentang Perhatikan Hal ini Sebelum Menginstal Ulang Komputer. Terima Kasih.

Semoga Bermanfaat, Salam Sukses!

No comments:

Post a Comment